Gandeng Mazda, Toyota Buat Aliansi Baru

No comment 30 views


Toyota dan Mazda Mulai Bangun Aliansi Modal – Usai melakukan akuisisi pada Daihatsu, kini Toyota mulai bergerak untuk menggaet merek lain, yaitu Mazda. Sebagai langkah awal dari dibentuknya aliansi kedua merek tersebut, Toyota dan Mazda membuat kesepakatan untuk bekerjasama dalam urusan modal.

Toyota Dan Mazda Mulai Bangun Aliansi Modal

Hasil yang diharapkan untuk ke depannya adalah rencana untuk mewujudkan sebuah pabrik mobil yang memiliki standing joint-venture di Amerika. Tak hanya itu, aliansi Toyota-Mazda juga akan bekerjasama dalam pengembangan teknologi kendaraan listrik.

Kedua produsen mobil yang sama-sama berasal dari Jepang tersebut, belum lama ini melakukan negoisasi dengan keputusan akhir jika Toyota akan menguasai sekitar 5 persen saham yang ada di Mazda. Kerjasama antara kedua merek mobil besar tersebut setidaknya akan diumumkan paling cepat pada tanggal four Agustus 2017.

Kesepakatan antara kedua merek menjadi langkah lanjutan konsolidasi industri otomotif world yang diikuti oleh sekitar empat grup utama, meliputi Toyota, Volkswagen, Basic Motor, serta aliansi antara Renault dan Nissan Motor.

Pasar Amerika Serikat menjadi penyumbang terbesar untuk pendapatan Toyota dan Mazda di mana mereka ikut mendiskusikan pembuatan pabrik di bagian selatan AS (American South) dengan mengandalkan usaha patungan. Pabrik yang sudah direncanakan untuk dibangun itu nantinya akan mempunyai kapasitas produksi per tahun hingga jumlahnya menyentuh angka 300.000 unit, khususnya kendaraan sport yang memang cukup populer di AS.

Toyota dan Mazda juga masih akan menjual mobil mereka buat di pabrik tersebut dengan menggunakan jalur milik masing-masing perusahaan. Keuntungan yang ingin diperoleh dari kerja sama mereka ini adalah berkurangnya beban investasi dan mengumpulkan lebih banyak ahli untuk mendukung teknologi produksi.

Sejalan dengan persaingan dalam hal elektrifikasi dan pengembangan industri otomotif, Toyota saat ini sedang gencar mencari mitra ke segala arah agar tetap mampu mempertahankan eksistensinya di industri otomotif. Toyota dan Mazda memang telah sepakat untuk mengembangkan teknologi kendaraan listrik bersama-sama, namun mereka juga akan memanfaatkan kekuatan masing-masing.

Pihak Toyota sendiri telah mengatakan ingin memiliki mobil listrik untuk dipasarkan pada tahun 2020 mendatang. Sedangkan Mazda mempunyai rencana untuk melakukan perilisan mobil listrik lebih awal, yaitu pada tahun 2019.

قالب وردپرس

Leave a reply "Gandeng Mazda, Toyota Buat Aliansi Baru"