Siap-Siap! Tahun 2018, Mobil Listrik CBU Siap Memborbardir Pasar Indonesia


Tahun 2018, Mobil Listrik Bakal Segera Ramaikan Pasar Indonesia – Sepertinya, program low carbon emission car (LCEV) yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian pun bakal memberikan perubahan pada pasar otomotif Indonesia. Pasalnya, pemerintah pun berencana siap meluncurkan beberapa mobil listrik CBU bakal hadir di Tanah Air di awal tahun 2018. Bukan tanpa alasan mengingat aturan ini bergerak sesuai dengan draft Peraturan Presiden tentang Percepatan Pemanfaatan Tenaga Listrik Untuk Transportasi jalan, yang siap ditandatangani Presiden Indonesia Joko Widodo.

Tahun 2018, Mobil Listrik Bakal Segera Ramaikan Pasar Indonesia

Dengan kabar akan hadirnya mobil listrik tersebut maka tak berbeda jauh dengan prediksi yang telah dikatakan oleh I Gusti Putu Suryawirawan selaku Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) ketika menjadi pembicara di seminar Indonesia Worldwide Automotive Convention yang ke-12 di BSD, Tangerang pada Jumat (11/eight/2017).

Sebagaimana dengan apa yang sudah tertuang dalam draft Perpres Kendaraan Listrik, pada tahap awal ini, beberapa produsen akan ditawarkan untuk meluncurkan mobil listriknya melalui keran impor CBU kendaraan ramah lingkungan (listrik atau hybrid). Baru kemudian tahap selanjutnya adalah lokalisasi.

“Dengan mengubah pajak barang mewah dan import responsibility yang rendah, produsen bisa impor CBU. Namun mereka harus komitmen untuk mengembangkan inudstri dalam negeri. Program LCEV harus kita mulai, di mana industri juga akan bergerak cepat kemungkinan tahun depan, 2018,” kata Putu.

Tak sampai di situ saja, di sisi lain Putu pun juga menambahkan bahwa selain memberikan kombinasi luxurious tax, pemerintah pun juga dipastikan bakal menyediakan fasilitas insentif, berupa Tax Allowance dan Holliday. “Kami akan mengubah soal aturan perpajakan itu, yang tentunya akan dikoordinasikan kepada Kementerian Keuangan,” ucap Putu.

Di samping itu, menginjak tahun 2018 pun Putu juga menegaskan bahwa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga sudah mendorong industri, untuk menghasilkan mesin Euro IV. Beriringan dengan itu, komunikasi juga akan terus dilakukan kepada penyedia bahan bakar yang dalam hal ini pemerintah menunjuk Pertamina terkait dengan perhitungan berapa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan Euro four.

قالب وردپرس

Leave a reply "Siap-Siap! Tahun 2018, Mobil Listrik CBU Siap Memborbardir Pasar Indonesia"